Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Deretan Pesohor Negeri Yang Memakai Baju Adat Suku Karo di Pesta Kemerdekaan 2024

Busana Adat Wanita Suku Karo

JAKARTA – Kemeriahan Hari Ulang Tahun RI yang jatuh pada hari Sabtu (17/8) hari ini diwarnai dengan parade baju daerah dari seluruh Nusantara.

Kali ini, redaksi The Editor akan merangkum nama-nama pejabat dan orang-orang ternama yang mengenakan baju adat dari Tanah Karo, Sumatera Utara yang identik dengan warna merah dan tudungnya yang besar.

Berikut ulasannya:

1. Ketua Dewan Audit OJK Sophia Wattimena

Sophia Wattimena (Foto: Instagram @sophiawattimena/THE EDITOR)

Sophia Wattimena diketahui menggunakan baju adat khas suku Karo di hari ulang tahun kemerdekaan RI dengan menggunakan kebaya dan gonjei (Bahasa Karo untuk sarung) berwarna merah muda dengan uis berwarna merah dan hitam bernama Uis Garip (berwarna hitam) dan Uis Nipes (berwarna merah).

Tas yang dipakai Sophia juga dipilih olehnya dengan warna senada, yakni merah. Tampilan Sophia di hari ini sangat istimewa karena warna kebaya yang ia pakai membuat warna kulitnya terlihat makin terang dan cantik.

Sophia diketahui bukan berasal dari Suku Karo. Namun pilihan baju adat yang ia pakai di tahun 2024 ini membuat ia terlihat sama seperti orang Karo pada umumnya.

Professor Ova Emilia memakai baju adat dari suku Karo di hari kemerdekaan RI pada Sabtu, 17 Agustus 2024 (Foto: Tangkapan layar Youtube/THE EDITOR)

2. Rektor UGM Professor Ova Emilia

Baju berwarna merah, tudung penghias kepala hingga gonjei (sarung) dengan warna merah dipadukan dengan hitam khas suku Karo jadi pilihan Professor Ova. Tak hanya itu, yang menarik dari tampilan Professor Ova hari ini adalah pemilihan baju yang berbeda dari orang Karo pada umumnya.

Baju karo biasanya dipakai dengan kebaya berwarna merah. Kebaya umumnya memiliki motif yang cenderung terbuka di bagian dada dan transparan. Namun, Professor Ovi memilih baju mirip kemeja berwarna merah namun tak membuat esensi si pemakainya kehilangan ciri khas baju adat Karo.

Donna Chandra Ginting (kanan) serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Yudhoyono (kiri) saat menghadiri upacara HUT RI di IKN (Foto: Facebook Ritawanti Brahmana/THE EDITOR)

3. Donna Chandra Ginting

Pria ini mendadak viral di media sosial setelah terpilih menjadi pemenang busana terbaik yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo saat upacara Hari Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8) ini.

Donna Chandra Ginting diketahui sebagai salah satu peserta yang hadir dalam upacara HUT RI di IKN, Kalimantan Timur.

Penilainnya berdasarkan bagaimana elemen tradisional dipadukan dengan relevan trend kontemporer, serta mempertimbangkan bahan tradisiona dan modern secara efektif.

Rara Beru Ginting berpose di depan gedung Mahkamah Konstitusi (Foto: Istimewa/THE EDITOR)

4. Staf administrasi Biro Umum Mahkamah Konstitusi (MK) Kin Isura Ginting alias Rara 

Sebagai wanita yang berasal dari Suku Karo, Rara terlihat memakai baju adat Karo berwarna merah.

Di moment HUT RI ini, ia terlihat berfoto di depan gedung mahkamah Konstitusi saat menghadiri upacara.

Rara terlihat memakai warna yang identik dengan orang karo, yaitu merah.

Dan, yang paling istimewa adalah tas yang ia pakai. Tas tersebut bernama Kampil Pengantin. Kampil pengantin biasanya dipakai saat wanita Karo menikah.
Stefani Imanensia Beru Ginting berpose di istana Negara (Foto: Instagram @stefaniginting/THE EDITOR)

5. Stefani Imanensia Beru Ginting

Presenter dan Moderator ini dipercaya sebagai pembawa acara di HUT RI ke79 yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Lewat media sosial Instagramnya, Stefani mengaku sangat bangga menggunakan baju adat karo saat didapuk untuk mengerjakan tugas khusus dari Negara.