Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Penginapan di sekitaran Ciwidey dengan suasana tengah hutan asri nan sejuk



Karogaul.com - Bosan dan jenuh dengan Lembang? Berada di selatan Bandung, kawasan Ciwidey dan Pangalengan kini semakin berkembang, semakin banyak tempat wisata bernuansa alam dan rekreasi keluarga yang siap memanjakan wisatawan. Dan untuk memudahkan wisatawan yang akan berlibur, kini semakin banyak hotel dan resort yang dibangun di area ini.

Penginapan yang asri dengan pemandangan hutan pinus dan pegunungan memang menjadi lokasi terbaik untuk melepas penat. Nah jika Anda masih bingung di mana akan melabuhkan tubuh Anda untuk beristirahat setelah berjalan-jalan ke Kawah Putih, kami punya beberapa pilihan resort yang bisa Anda pilih.

Resort yang ada di wilayah Ciwidey dan Pangalengan ini dijamin akan memberikan pengalaman berlibur yang tak akan terlupakan. Selain tempatnya nyaman, fasilitas yang disediakan juga dijamin akan membuat Anda semakin betah. Penasaran? Cek rekomendasi pilihan resort-nya di bawah ini.

1. Nginep di rumah kayu berteknologi canggih: Bobocabin Cikole

Beda dari rekomendasi tempat glamping lainnya di artikel ini, Bobocabin Cikole ini sebetulnya merupakan bangunan kayu di tengah hutan alias kabin.


Photo Via Ifiaadreena, Ayatkenzoo

Meskipun demikian, semua sensasi ala glamping tetap bisa kamu nikmati di sini, karena setiap unitnya berjarak dan lokasinya literally ada di tengah hutan! Dan kerennya lagi, fasilitas yang ditawarkan ditunjang dengan teknologi modern dan canggih.

Tiap kabinnya dilengkapi monitor panel kendali seukuran tablet, di mana pengunjung dapat memilih suasana kamar sesuai pilihan, memilih warna lampu kamar dan tingkat sorot cahayanya. Dengan menggunakan teknologi IoT, atau Internet of Things, pengunjung bahkan dapat mengatur semua aspek di dalam kabin, mulai dari buka-tutup pintu, mengganti warna lampu, hingga mengatur volume pengeras suara. Yang menyenangkan juga di kamar ini kita bisa mandi air panas.

Selain itu, di depan kabin ada tempat perapian yang sudah disediakan. Sehingga ketika malam hari kita bisa membuat api unggun bersama keluarga maupun teman yang menginap bersama.


Photo Via Dvhbale, Enzo_and_hiro, Aisyahfatin91

Bobocabin Cikole
Alamat: Genteng Lapang Jend. No.1, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Telepon: 0821 1900 7791

2. Menginap di sangkar mewah: Bubu Jungle Resort

Sepertinya tidak salah jika dikatakan Anda menginap di sangkar mewah. Villa di Bubu Jungle Resort memang bentuknya mirip sangkar burung raksasa. Tapi, saat Anda masuk ke dalamnya dijamin langsung terpukau dengan kemewahannya.

Kamar tidur yang luas nan modern dilengkapi dengan fasilitas dan furnitur yang mewah akan membuat Anda betah menginap di sini. Jika Anda hanya pergi berempat, bisa memilih villa tipe Sayang Manuk dengan fasilitas satu kamar lengkap dengan private pool dan gratis sarapan untuk dua orang.


Photo Via Indrapatriasandi

Namun agar pengalaman menginap Anda semakin terasa mewah, coba pilih villa Bubu Lauk 5 yang dilengkapi dengan jacuzzi atau Bubu Lauk 1 yang dilengkapi dengan kolam renang berair hangat.
Di sini Anda juga bisa menikmati floating breakfast ala Bali yang akan membuat sesi sarapan semakin seru. Atau jika sedang mencari tempat honeymoon, Bubu Jungle Resort punya paket khusus untuk dinikmati Anda dan pasangan.


Photo Via Octavianaagnes


Photo Via Kusnadisaputra23, Tito.dipokusumo

Bubu Jungle Resort
Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM. 39, Desa Lebak Muncang, Kab. Bandung, Jawa Barat.
Telepon: 08211888 8929

3. Bertualang seru bersama keluarga: D’Riam Riverside Resort

Resort yang satu ini menawarkan bermacam aktivitas petualangan seru yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.


Photo Via Asrisrr, Yudhishafiedz, Intan.prtw_

Untuk buah hati yang beranjak remaja, Anda bisa menantang mereka untuk mencoba panjat dinding, tentu dengan pengawasan tim keselamatan yang berpengalaman. Atau ajak anak-anak untuk menyusuri sungai dengan arung jeram, aktivitas seru yang bisa menumbuhkan kekompakkan dalam keluarga.

Sekali lagi, tak perlu khawatir akan keselamatan mereka, karena semua fasilitas dan aktivitas di resort ini telah teruji dan terjamin keselamatannya, sehingga aman untuk anak-anak. Anda juga bisa mengajak mereka bermain paintball!


Photo Via Asecakep

Outing keluarga pasti bakalan tambah menyenangkan dengan cipratan cat warna-warni yang diiringi derai tawa.

D’Riam Riverside Resort
Alamat: Jl. Soreang – Ciwidey Km. 25, Soreang, Bandung.
Telepon: (022) 8592 1210 | (022) 8592 1282

4. Keseruan tiada akhir sepanjang hari: Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort

Siapkan energi Anda untuk menikmati keseruan tiada akhir di resort yang jadi primadona baru di kawasan Bandung Selatan. Bukan hanya anak-anak saja yang akan bersorak gembira dengan berbagai permainan air dan aktivitas yang ada di sini, Anda pun juga!


Photo Via Rifky_muhamad, Candrainda, Listofhappiness

Terletak di kawasan wisata Rancabali, Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort menyediakan wahana water park lengkap aneka permainan air dan perosotan beragam ukuran. Uniknya, air yang digunakan di water park ini adalah air panas alami yang bersumber dari Gunung Kawah Putih, jadi
 Anda dan anak-anak tak perlu takut kedinginan.


Photo Via Robbyfitry, Nenk1894

Nah, setelah puas bermain seharian, Anda sekeluarga bisa langsung menginap di salah satu dari 23 cottage yang begitu nyaman dengan panorama lembah Ciwidey yang menyejukkan. Selain water park, di sini juga terdapat atraksi lain seperti taman bermain anak-anak, kebun stroberi dan juga taman burung berbentuk sangkar raksasa bernuansa hutan tropis!
Bagi Anda yang lebih menyukai sensasi bermalam di alam bebas, terdapat pula camping ground bergaya Indian dengan tenda-tenda yang bisa disewa.

Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort
Alamat: Jl. Raya Batutunggul, Ciwidey, Km. 17 (500m sebelum Kawah Putih), Bandung.
Telepon: (022) 9592 0222 | (022) 8592 0333

5. Glamping bersama keluarga di lembah hutan pinus: Legok Kondang Lodge

Cara paling efektif untuk mengajak anak agar lebih mencintai alam adalah dengan berkemah. Tenang, kemah yang satu ini tidak merepotkan kok, karena di Legok Kondang Lodge, Anda dan keluarga dapat merasakan suasana berkemah di tengah alam bebas, namun tetap dalam kenyamanan fasilitas ala hotel berbintang.

Karena konsepnya glamping alias “glamour camping”, jangan heran kalau di dalam tenda-tenda ini Anda akan menemukan bantal dan kasur empuk, selimut tebal, televisi, sampai kamar mandi!
Tapi sayang kan kalau hanya liburan hanya berdiam diri di dalam tenda? Anak-anak dapat melakukan berbagai aktivitas seru yang akan membuat mereka lebih dekat lagi dengan alam sekitar, seperti menangkap ikan dengan tangan atau memberi makan kelinci dan rusa.


Photo Via Panenco

Sedangkan orang dewasa bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan memacu adrenalin di alam terbuka, dari trekking, arung jeram, sampai paintball. Dan di malam hari, semua bisa berkumpul bersama mengelilingi api unggun sambil menikmati sajian barbecue yang lezat!

Dengan suhu rata-rata antara 15° C hingga 20° C, Glamping Legok Kondang berlokasi 700 meter dari pemukiman dan memiliki 20 tenda penginapan. Ragam tipe tenda yang dapat dipilih antara lain Standard Tent, Deluxe Tent, Family Tent, Luxury Tent, dan Suites Tent.

Legok Kondang Lodge
Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM. 39, Ciwidey, Kab. Bandung.
Telepon: 0813 1817 9889

6. Makan di atas kapal pinisi dan jalan-jalan di kebun teh: Glamping Lakeside Rancabali

Namanya anak-anak, pasti akan senang sekali kalau diajak bertualang di atas kapal layar. Tak perlu jauh-jauh mengarungi laut, terinspirasi dari kapal tradisional milik nenek moyang kita, Pinisi Resto yang terletak di kawasan Bandung Selatan ini menawarkan sensasi yang tak kalah asyiknya!



Pinisi Resto terdiri dari 2 lantai yang terbagi dalam bagian indoor dan outdoor. Lokasi favorit sudah pasti ada di area dek outdoor, karena dari sini Anda bisa menikmati keindahan panorama hamparan kebun teh serta Danau Situ Patenggang yang menyejukkan. Anak-anak pun bisa beraksi bak bajak laut di sini!

Tempat makan ini ada di kawasan yang sama dengan penginapan baru yang sedang hits di Bandung, yaitu Glamping Lakeside Rancabali. Di sini Anda bisa menginap di tenda-tenda mewah berfasilitas lengkap yang semuanya berada di tepi Situ Patenggang yang jernih dan memesona. Bayangkan bangun tidur di pagi hari disambut udara sejuk dan segar serta view spektakuler!

Asyiknya lagi, khusus untuk tamu yang menginap di tenda ini bebas jalan-jalan sepuasnya di kebun teh alias “Tea Walk”. Sedangkan aktivitas lain, seperti paintball, rafting, wisata ke Kawah Putih, off-road, fun games dan lainnya dikenai biaya tambahan yang cukup terjangkau.

Glamping Lakeside Rancabali
Harga mulai dari Rp1.590.000 per malam (Lakeside Tent)
Alamat: Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Kab. Bandung. Koordinat di sini
Telepon: 0812 2414 6441

7. Semakin seru kalau menginap beramai-ramai: Green Hill Park

Jangan khawatir kehabisan ide untuk menikmati tempat ini. Semakin ramai, menginap di Green Hill Park akan semakin seru. Anda bisa mengajak teman-teman untuk ikut tur ke Kawah Putih yang memang lokasinya tidak jauh dari tempat ini. Ingin menghirup oksigen dan merasakan berjalan di tengah pepohonan? Bisa juga!



Malam harinya, Anda bisa bakar sosis atau jagung bersama teman-teman. Tenang, alat panggang sudah disediakan di sini, jadi Anda hanya perlu membawa makanannya saja. Setelah itu, Anda bisa bertukar cerita sambil mengelilingi api unggun. Sangat pas untuk menghangatkan diri dari dinginnya udara Kota Bandung.

Untuk tempat menginapnya, di sini tersedia banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget dan jumlah orang. Ada bungalow berkapasitas mulai dua orang hingga tujuh orang tenda berkapasitas 6 orang atau Saung Ngampar yang bisa digunakan hingga 15 orang. Semuanya sudah dilengkapi fasilitas kamar mandi dengan air hangat, jadi tidak perlu khawatir kedinginan saat mandi pagi.

Green Hill Ciwidey
Harga mulai dari Rp1.500.000 per malam (Bungalow Guntur, maksimal 2 orang)
Alamat: Jl. Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Telepon: 0812 9000 0915

8. Suasana kampung nan asri dan taman rekreasi air: Kampung Pa’Go

Sambil menikmati sejuknya udara pegunungan, hubungan antar anggota keluarga pun bisa tambah erat setelah menginap di sini. Mungkin dikarenakan atmosfernya yang begitu teduh dan menyegarkan, sehingga membuat siapapun menjadi tenang dan santai. Apalagi ditambah dengan pemandangan yang amat indah dan alami.


Photo Via Alinezeence

Dikelilingi rimbunan pepohonan dan tanaman yang dapat Anda petik buahnya, suasana semakin semarak dengan riuhnya kepakan sirip ikan dari kolam – kolam yang tersebar di lingkungan Kampung Pa’go. Puas menikmati keindahan alam, Anda dan anak-anak dapat bermain air di kolam renang berukuran besar yang dikelilingi oleh beberapa buah gazebo untuk bersantai.

Untuk berolahraga, rekreasi air atau mengadakan sebuah kegiatan. Gazebo-gazebo tersebar mengelilingi kolam renang menjadi fasilitas untuk anda bersantai. Tersedia 33 kamar dengan pilihan lokasi dan suasana yang berbeda, sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan beristirahat dalam suasana penuh kebersamaan dengan keluarga, tipe Rumah Bali yang terdiri dari 2 lantai dan 4 kamar tidur dapat dijadikan pilihan.

Kampung Pa’Go
Alamat: Jl. Raya Soreang – Ciwidey, Km. 25, Kab. Bandung.
Telepon: (022) 8592 0696 | (022) 9263 0996

9. Merasakan sensasi menginap pinggir danau: Puri Sakanti Nature

Sebuah danau buatan yang luas akan menjadi pemandangan Anda jika menginap di Puri Sakanti Nature. Yup, enam bungalow yang menjadi pilihan tempat menginap memang berada tepat di pinggir danau ini.


Photo Via Dewiludymara, Dfebrihaerani

Anda bisa memilih bungalow dengan 1 kamar atau dua kamar yang dilengkapi dengan bathtub dan ruang keluarga di dalamnya. Bangunan yang mengekspos batu bata merah pada bagian dinding membuat bangunan ini terkesan artistik.

Di danau buatan, tersedia rakit yang bisa Anda gunakan bersama teman atau keluarga. Tapi, Anda memang harus mendayungnya sendiri untuk berkeliling danau. Atau jika Anda ingin sekadar duduk-duduk pun bisa di saung-saung yang memang disediakan di pinggir danau. Sayangnya karena tidak ada pembatas di sisi danau, maka Anda harus sangat mengawasi langkah anak-anak Anda.

Selain di area danau, terdapat taman lengkap dengan seluncuran dan ayunan yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Dijamin mereka tidak akan merasa bosan menginap di sini. Apalagi stafnya yang ramah akan membuat tamu-tamu merasakan kenyamanan seperti sedang menginap di rumah sendiri.

Lapar di malam hari? Masih di area yang sama, terdapat restoran yang terkenal dengan kelezatan sajian bebeknya. Coba deh ajak keluarga Anda bersantap di Restoran Bebek Unti ini untuk mengisi perut sebelum beranjak tidur.

Puri Sakanti Nature Family Resort
Harga mulai dari Rp700.000 per malam (Villa One, maksimal empat orang)
Alamat: Jl. Ciwidey No. 6, Alamendah, Rancabali, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. 
Telepon: (022) 8592 0555

Demikianlah ulasan singkat mengenai "9 Penginapan di sekitaran Ciwidey dengan suasana tengah hutan asri nan sejuk" apakah kamu tertarik untuk mengunjunginnya ?