Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Wisata Viral dan Hits di Temanggung, Suasannanya Ngangenin Banget

10 Wisata Viral dan Hits di Temanggung

Karogaul.com - Dicap sebagai Negeri penghasil Tembakau, Kab. Temanggung yang berada di Prov. Jawa Tengah mempunyai banyak destinasi wisata alam yang asri dengan pemandangan pegunungan, persawahan, bahkan perbukitan hijau rinang yang mendominasi. Saat ini semakin bertambah destinasi wisata buatan dan tempat rekreasi yang dibuat dengan konsep kekinian supaya menjangkau kalangan pengunjung yang lebih luas lagi.

So, pilihan destinasi kamu saat rekreasi ke Jawa Tengah tidak terbatas pada wisata di Magelang, Wonosobo, atau Semarang saja. Kab. Temanggung juga harus masuk dalam list perjalanan kalian nanti ya, Sobat gaul. Sebagai referensi, kali ini kami sudah merangkum deretan destinasi wisata hits di Temanggung yang beberapa di antaranya sempat viral khususnya di media sosial. Cekidot !

1. WISATA ALAM POSONG

SUMBER: IG (@WISATAALAM_POSONG/ @ENDAH_FEBRIANI)

Terletak di kaki Gunung Sindoro, tepatnya pada ketinggian 1.400 mdpl, spot wisata alam Posong banyak dituju wisatawan yang ingin berburu momen sunrise dan sunset lanskap Temanggung. Selain Gunung Sindoro, di sini sobatGaul bisa melihat keindahan tujuh gunung lainnya yang terkenal di Jawa Tengah.

Di antaranya, Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Ungaran, Gunung Muria, Gunung Merapi, dan Gunung Telomoyo yang diselimuti kabut. Spot foto selfie banyak disediakan, salah satunya gardu pandang. Jika ingin bermalam di alam terbuka, pihak pengelola kawasan wisata menyediakan sarana  kemah dengan konsep soft-adventure.

ALAMAT: AREA SAWAH, TLAHAB, KECAMATAN KLEDUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 04.00-16.30 WIB
TIKET MASUK: MULAI DARI RP20.000* PER ORANG

2. EMBUNG KLEDUNG

SUMBER: IG @WISATA_EMBUNG_KLEDUNG (@SUDUTTEMANGGUNG)

Sempat viral di media sosila platfrom TikTok, destinasi wisata Embung Kledung menyuguhkan wisata danau buatan yang berada di dataran tinggi. Udara sejuk dan lanskap hijau yang disuguhkan, siap bikin kamu terpukau. Semakin menarik, karena sobatGaul juga bakal dimanjakan dengan keindahan dua gunung kembar, yaitu Sumbing dan Sindoro yang dapat dilihat melalui gardu pandang dan ayunan gantung. 

Selain sebagai tempat wisata, Embung Kledung juga adalah wadah penampungan air hujan di mana apabila musim kemarau, embung ini dimanfaatkan sebagai sumber mata air untuk pengairan dan kebutuhan warga setempat sehari-hari.

ALAMAT: JALAN RAYA PARAKAN-WONOSOBO, AREA SAWAH, KECAMATAN KLEDUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM
TIKET MASUK: MULAI DARI RP7.000* PER ORANG

3. ALAM SEWU

SUMBER: IG @ALAMSEWU_TEMANGGUNG

Meski belum sepopuler daerah lainnya di Jawa Tengah, Kab. Temanggung terkenal sebagai spot berburu sunset yang mengesankan. Akan banyak hal baru yang dapat kamu temukan saat berada disinii sini. Salah satu wisata buatan yang dijuluki ‘Negeri di Atas Awan-nya Temanggung’ adalah Alam Sewu. Lokasinya di puncak bukit, membuat kawasan Alam Sewu memiliki kabut yang cukup tebal pada pagi hari. 

Siang harinya, kamu dapat dengan leluasa melihatpemandangan perkebunan tembakau dan gunung-gunung yang megah yang tampak seperti lukisan. Tapi, untuk sampai ke titik lokasi Alam Sewu, sobatGaul harus menaklukan jalanan menanjak yang cukup jauh. Oleh sebab itu, kamu disarankan datang menggunakan sepeda roda dua.

ALAMAT: AREA SAWAH, GIRIPURNO, KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00-17.00 WIB
TIKET MASUK: MULAI DARI RP5.000* PER ORANG

4. GUNUNG KENDIL

SUMBER: IG @WISATAALAM_JATENG (@GILANGSADEWA_)

Untuk kamu yang suka mendaki, yuk, tantang diri untuk menaklukkan salah satu gunung di Temanggung, yaitu Gunung Kendil. Bila belum pernah hiking dan ingin mencobanya, jalur pendakian di Gunung Kendil terbilang aman sehingga sangat pas bagi pendaki pemula. Tidak curam dan tidak terlalu menanjak kok. Akan tetapi, sobatGaul tetap harus memperhatikan langkah kaki dan fokus, ya. Bila perlu, ajaklah rekan perjalanan yang sudah sering hiking disini. Mengingat ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi selama mendaki. dan harus tetap berhati-hati

Selain itu, fakta menarik dari Gunung Kendil yang mungkin belum diketahui banyak orang yaitu pernah menjadi lokasi pelatihan militer pada masa penjajahan Belanda, loh. Tidak jauh dari lokasi Gunung Kendil juga terdapat cagar budaya Temanggung yang menarik untuk disambangi.

ALAMAT: DESA SIBAJAG, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM
TIKET MASUK: MULAI DARI RP10.000* PER ORANG

5. SIGANDUL VIEW (JEMBATAN KACA)

SUMBER: IG @SIGANDUL_VIEW (@YENIKRISSANTO)

Sigandul View merupakan destinasi wisata terbaru di Temanggung. Spot andalannya adalah Jembatan Kaca Sigandul setinggi 12-15 meter di lantai dua. Ketebalannya mencapai 12 milimeter sehingga aman untuk diinjak. sobatGaul bisa berswafoto ria di atasnya dengan latar pemandangan hijau dan gunung. Lalu, nongkrong santai di kafetaria sambil menyeruput kopi atau teh hangat. 

Pada bagian lantai tiga dari Sigandul View, ada sebuah teropong besar yang dapat digunakan untuk melihat lanskap alam secara menyeluruh. tak hanya itu, di lantai bawah disediakan areal bermain anak, taman kelinci, dan kolam ikan koi. Jika ingin menginap, disediakan penginapan dekat Sigandul View dengan harga bersahabat.

ALAMAT: JALAN RAYA PARAKAN-WONOSOBO, AREA SAWAH, KWADUNGAN JURANG, KECAMATAN KLEDUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 07.00-22.00 WIB
TIKET MASUK: MULAI DARI RP15.000* PER ORANG

6. CURUG TROCOH (SURODIPO)

SUMBER: IG @CURUG_TROCOH_SURODIPO

Rasakan keindahan pesona Air Terjun Surodipo atau sering disebut Curug Trocoh pada ketinggian 120 mdpl. Letaknya yang cukup tersembunyi menjadikan Curug Trocoh sebagai salah satu destinasi hidden gem di Kabupaten Temanggung. Air terjun ini juga merupakan salah satu curug tertinggi di Jawa Tengah yang terdiri dari lima tingkat. 

Curug Trocoh dikelilingi tebing-tebing tinggi dan pepohonan hijau rindang. Tak heran, suasana di sekitar curug sangat asri dan masih alami. Konon, air di curug ini tidak pernah surut sekalipun sedang musim kemarau. Hal itu kerap dikaitkan dengan arti nama curug yaitu Trocoh yang dalam bahasa Jawa berarti mengeluarkan air.

ALAMAT: DESA TAWANGSARI, KECAMATAN WONOBOYO, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00-16.00 WIB
TIKET MASUK: MULAI DARI RP5.000* PER ORANG

7. BUKIT BOTORONO PETARANGAN

SUMBER: IG @JEJAKJATENG

Terletak di kaki Gunung Sumbing, Bukit Botorono Petarangan berada tidak terlalu jauh dari Wisata Alam Posong. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan berkendara. Panorama Kota Temanggung terlihat begitu indah dari atas Bukit Botorono. 

Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan lanskap serba hijau yang menyegarkan mata. Sangat cocok buat sobatGaul yang ingin menenangkan pikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari. Tak perlu khawatir merasa lapar ketika berkunjung ke sini, karena terdapat warung-warung kecil di sekitar Bukit Botorono yang menjual kudapan untuk mengganjal perut.

ALAMAT: DESA PETARANGAN, KECAMATAN KLEDUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM
TIKET MASUK: MULAI DARI RP5.000* PER ORANG

8. SIBAJAG GREEN CANYON

SUMBER: IG @SIBAJAGGREENCANYON

Melihat indahnya Green Canyon maka kalian tidak harus pergi ke luar negeri lagi untuk melihatnya. Cukup berkunjung saja ke Kab. Temanggung, karena di sini ada tempat wisata terbaru yang bernama Sibajag Green Canyon.

Lokasinya mudah diakses dari pusat kota. Daya tarik dari objek wisata ini yaitu jembatan bambu dengan panjang sekitar satu kilometer. Pastikan sobatGaul mengabadikan momen terbaik dengan berpose di atas jembatan dan mengambil angle pemandangan bukit hijau menjulang tinggi sebagai latar foto.

ALAMAT: JALAN TAMBI SIBAJAG, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00-16.00 WIB
TIKET MASUK: MULAI DARI RP10.000* PER ORANG

9. PADANG SABANA KLEDUNG

SUMBER: IG @KLEDUNG_PASS (@MUHSEN.4)

Lanskap alam hijau terbentang luas berpadu birunya langit bisa kamu saksikan langsung ketika berkunjung ke Temanggung, tepatnya di Padang Sabana Kledung atau juga terkenal dengan sebutan Kledung Pass. 

Areal terbuka ini berada di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, membelah Jalan Raya Temanggung-Wonosobo. Tidak hanya menikmati alamnya yang indah, sobatGaul bisa menyesap kopi roasted dengan cita rasa khas Kledung untuk menghangatkan tubuh di tengah dinginnya udara pegunungan. Jika ingin menginap, tersedia area camping ground dekat lokasi Kledung Pass.

ALAMAT: KECAMATAN KLEDUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00-17.30 WIB
TIKET MASUK: MULAI DARI RP15.000* PER ORANG

10. HUTAN PINUS SIGROWONG

SUMBER: IG @SIGROWONG

List wisata populer di Temanggung berikutnya adalah Hutan Pinus Sigrowong. Seperti namanya, tempat ini dikelilingi ribuan pohon pinus rindang di area perbukitan. Aroma khas hutan pinus langsung terasa saat sampai disini. 

SobatGaul juga bisa melihat jejeran pohon kopi yang dirawat dengan apik. Jangan lewatkan berfoto di spot-spot Instagramable, salah satunya perahu merah putih yang terbuat dari kayu dan ban sepeda yang menyerupai bentuk perahu nelayan sungguhan. Satu lagi yang tidak boleh sobatGaul lewatkan, yaitu menelusuri Gua Sigrowong yang memiliki kedalaman kurang lebih tujuh meter. Konon, gua ini punya sejarah yang erat dengan masa agresi militer Belanda, loh.

ALAMAT: ROWO SENENG, GESING, KECAMATAN KANDANGAN, KABUPATEN TEMANGGUNG
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00-17.00 WIB
TIKET MASUK: MULAI DARI RP5.000* PER ORANG

Itulah 10 tempat wisata hits dan populer di Temanggung, Jawa Tengah, yang siap membius sobatGaul sejak pertama kali tiba. Tentu, masih ada banyak lagi objek wisata di Temanggung yang tidak kalah keren. Namun, pastikan sobatGaul tidak melewatkan daftar spot rekreasi di atas, ya.