Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Objek Wisata Ciamis yang Menyuguhkan Pemandangan Indan nan Instagramble

Wisata Ciamis

Karogaul.com
- Terdapat apa di Ciamis? Bisa jadi belum banyak dari kalian yang lebih akrab dengan Pangandaran dengan pantai- pantainya. Sesungguhnya Pangandaran sendiri awal mulanya merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis yang dibesarkan sehingga saat ini jadi Kabupaten Pangandaran. Sesungguhnya, Ciamis tidak cuma memiliki pantai- pantai yang menarik tetapi pula bermacam- macam tipe objek wisata yang lain.

Tidak hanya menikmati panorama alam, kalian juga bisa melaksanakan banyak kegiatan seru kala melancong di Ciamis. Ada opsi buat kalian yang gemar difoto sampai yang suka menjajal petualangan.

Penasaran mau berkunjung ke Ciamis?

1. Seru- seruan bareng teman- temanmu di Sedekan River Tubing

River Tubing
Image credit: River Tubing Sedekan

Mau merasakan adrenaline rush dikala memandang Sungai Cileueur yang deras? Hingga kalian bisa berupaya mengarunginya dengan tubing. Supaya kian mantap, ajak pula teman- temanmu buat tubing bersama!

River Tubing
Image credit: River Tubing Sedekan

Membuat formasi di tengah sungai jadi perihal yang menyenangkan dari river tubing. Bila kalian tiba di masa penghujan, hingga jantungmu hendak terasa kian berdebar sebab arus sungai yang kian deras. Sehabis puas berbasah- basah ria, kalian pula dapat berupaya wahana Ayun Ambing dimana kalian hendak diayunkan di atas sungai dengan tali. Wow!

Lokasi: Jalan. Dewi Sartika Nomor. 67, Mekarjadi, Sadananya, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 08. 00 Wib- 16. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10, 000 IDR

2. Wisata asik serta memandang Ciamis dari Bukit Pangangonan

Bukit Pangangonan
Image credit:@miradewiprasetya

Kunjungi Bukit Pangangonan serta kalian dapat menyapukan pandang memandang keelokan Ciamis dari ketinggian! Rencanakan kunjunganmu, apakah mau memandang panorama alam pagi ataupun sore hari, sebab hendak membagikan sensasi yang berbeda buat diabadikan. Tetapi tidak cuma potret- potret menawan yang hendak kalian miliki di mari. Pengalaman seru olahraga paralayang pula dapat kalian rasakan lho! Kegiatan paralayang yang belum lama dibesarkan di Bukit Pangangonan hendak membuat liburanmu di Ciamis terus menjadi tidak terlupakan.

Lokasi: Dusun Baros, Desa Ciomas, Kec. Panjalu, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

3. Berkelana Wisata Alam Pinus Batu Cakra Ciamis serta menikmati hawa segar

Pinus Batu Cakra
Image credit:@ilektro. shop

Telah letih dengan hawa panas yang sumpek serta mau menyepi sejenak? Kalian bisa meluncur ke Wisata Alam Pinus Batu Cakra. Hutan pinus yang telah ditata apik ini sediakan hawa fresh serta suasana damai buat dinikmati.

Pinus Batu Cakra
Image credit:@afii. amara_

Terletak di kaki Gunung Sawal, kesegaran tempat ini sesuai buat kegiatan kemping riang. Jika kalian cuma memiliki waktu pendek, hingga mengagendakan piknik di tengah pepohonan pinus pula asik. Boleh pula membaca novel favoritmu sembari berselonjor di dalam hammock yang digoyang angin semilir. Nikmat!

Lokasi: Desa Darmacaang, Kec. Cikoneng, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 08. 00 Wib– 17. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

4. Hadapi kehidupan ala pedesaan yang bersahaja di Desa Jelat

Desa Jelat
Image credit:@indrinrlndd

Mau melebur dengan warga dekat serta penasaran dengan bermacam rutinitas keseharian mereka? Hingga kegiatan homestay bisa kalian jalani di Desa Jelat yang tercantum desa wisata di Ciamis. Kala mengawali kehidupan di Desa Jelat, hingga telingamu hendak disegarkan dengan lebih banyak suara hewan- hewan di sekitarmu.

Kalian dapat menolong masyarakat buat berikan makan serta memanen ikan, menanam padi ataupun menetaskan telur ayam. Ditambah dengan keramahan penduduknya, hingga wisata di Desa Jelat ini jadi pengalaman yang pula hendak memperkaya wawasanmu. Menarik, bukan?

Lokasi: Desa Jelat, Kec. Baregbeg, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 09. 00 Wib– 17. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

5. Wisata serta menyimak sejarah Ciamis di Astana Gede Kawali

Astana Gede Kawali
Image credit:@indonesiahiddenheritage

Berwisata ke tempat baru hendak terus menjadi afdol bila kalian pula menggali sejarah menimpa tempat tersebut. Di Ciamis, wisata sejarah dapat kalian jalani dengan mendatangi Astana Gede Kawali. Kata astana berarti makam serta gede berarti besar dalam bahasa Sunda, sehingga banyak yang menafsirkan tempat ini berisi makam dari orang- orang yang terpandang. Hendak namun tidak cuma pemakaman yang terdapat di mari. Kalian pula bisa memandang kolam pemandian untuk keluarga keraton serta bermacam prasasti memiliki. Seru lho!

Lokasi: Dusun Indrayasa, Kec. Kawali, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 07. 00 Wib– 18. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2, 500 IDR

6. Mengagumi aset Kerajaan Galuh di Museum Galuh Pakuan

Museum Galuh Pakuan
Image credit:@arop444

Cocok namanya, Museum Galuh Pakuan menaruh benda- benda aset Kerajaan Galuh di Ciamis. Kalian bisa menciptakan koleksi patung, perkakas serta gong pemujaan yang jumlahnya menggapai 200 buah. Apalagi jika kalian gemar membaca, ada bibliotek yang berisi buku- buku tentang kebudayaan Sunda serta Kerajaan Galuh. Walaupun dari luar museumnya nampak kecil, tetapi di dalamnya banyak sekali sumber pengetahuan yang dapat kalian gali. Jika kalian pencinta wisata sejarah serta budaya, tentu hendak kagum dengan isi dari museum ini!

Lokasi: Jalan. K. H. Ahmad Dahlan, Kec. Ciamis, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 08. 00 Wib– 16. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

7. Menekuni kebudayaan yang unik di Kampung Kuta

Kampung Kuta
Image credit:@idingbudiman

Walaupun namanya Kuta, namun kampung ini bukan terletak di Bali. Kalian dapat menciptakannya di Ciamis serta tempat ini bisa jadi objek wisata budaya yang menarik. Banyak hal- hal unik yang masih dilestarikan di Kampung Kuta, misalnya bermacam pantangan yang dicoba.

Kampung Kuta
Image credit:@aminisgood

Sebagian pantangannya misalnya dilarang membangun rumah dengan semen serta dilarang mengubur jenazah di dalam kampung.Terdengar tidak biasa, namun sesungguhnya terdapat pantangan yang berperan buat melestarikan area.Bahagia menekuni kearifan lokal? Hingga kalian harus menyambangi Kampung Kuta ini!

Lokasi: Desa Karangpaningal, Kec. Tambaksari, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 09. 00 Wib– 17. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

8. Puas berenang dengan latar panorama alam yang natural di Wisata Alam Cireong Park Ciamis

Cireong Park Ciamis
Image credit:@rimaimeigui

Wisata Alam Cireong Park semacam oase, di mana kalian dapat bermain air dengan latar alam yang melegakan.

Kamu bisa memilah mau berupaya pemandian sungai ataupun kolam renang. Terdapat pula kolam renang buat kanak- kanak sehingga nyaman buat mengajak sang kecil. Pengelola telah sediakan sarana yang lumayan lengkap sehingga menaikkan kenyamanan wisatawan. Puas bermain air, jangan kurang ingat buat ber- wefie- ria ya!

Lokasi: Desa Sukaresik, Kec. Sindangkasih, Ciamis
Jam Buka: Sabtu–Kamis jam 07. 00 Wib– 17. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

9. Menginap hingga mencoba bermacam- macam wahana wisata seru di Jatisewu Cibungbang Ciamis

Jatisewu Cibungbang Ciamis
Image credit: Wisata Jatisewu Cibungbang

Jatisewu Cibungbang dengan kolam renangnya ini tidak hanya dapat didatangi jika kalian mau berenang sobat gaul. Mengidentikkan diri selaku tempat wisata keluarga, terdapat banyak perihal lain yang menarik buat dicoba.

Misalnya kalian dapat berupaya kebolehanmu di zona panahan ataupun menikmati keseruan wahana outbound yang ada.

Jatisewu Cibungbang Ciamis
Image credit: Wisata Jatisewu Cibungbang

Jika kalian jenis yang mau santai, ada pula kedai kopi yang terus menjadi malam hendak terus menjadi menawan berkat penerangan yang terdapat disana soabt gaul. Puas serta letih bermain dari pagi sampai malam hingga malas kembali? Jangan takut, kalian bisa menyewa vila buat bermalam. Serba terdapat kan?

Lokasi: Desa Jalatrang, Kec. Cipaku, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 08. 00 Wib– 19. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10, 000 IDR

10. Mendaki buat memperoleh keelokan yang optimal di Curug 7 Cibolang

Curug 7 Cibolang
Image credit:@indonesia_wonderful76

Tidak heran bila Curug 7 Cibolang jadi curug yang populer di Ciamis. 7 air terjun yang bersanding jadi panorama alam yang apik serta lezat ditatap. Terletak di lokasi yang sejuk, badanmu hendak terasa kian fresh bila telah terserang siraman air curug.

Asyiknya lagi, kalian pula bisa berkemah sebab ada zona perkemahan yang telah tertata apik. Tidak hanya itu sarana semacam warung makan juga banyak dibuka di dalam zona curug. Aman serta dipastikan tidak hendak kelaparan, siapa yang dapat menolak?

Lokasi: Desa Sandingtaman, Kec. Panjalu, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 08. 00 Wib– 18. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 7, 500 IDR

11. Aneka anjungan yang harus dicoba oleh penggemar selfie di Grand Sayang Kaak

Grand Sayang Kaak
Image credit:@lindamalik_24

Siapa di antara kalian yang hobi selfie? Jika ke Ciamis, kalian harus mampir ke Grand Sayang Kaak yang menyuguhkan anjungan menawan berlatar pegunungan serta sungai yang kece berat.Kabut tipis yang terkadang turun malah hendak menaikkan kesan natural di dalam fotomu sobat gaul. Tinggal seleksi saja sisi yang menurutmu sangat keren!

Grand Sayang Kaak
Image credit: gska

Tidak hanya buat difoto, kalian juga bisa menjajal sarana seru semacam mengendarai jip di medan offroad sobat gaul. Yakinkan kalian mengenakan baju yang aman biar kian asik dikala mobilmu melibas tanah berlumpur yang menantang! Terdapat pula flying fox yang hendak memperkenalkan sensasi tertentu di tengah atmosfer yang asri.

Lokasi: Desa Handapherang, Kec. Cijeungjing, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 09. 00 Wib– 17. 00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

12. Berkemah yang senantiasa dapat buat hati gembira di Puncak Puspa Camping Ground

Puncak Puspa Camping Ground
Image credit:@ratnafatimah_63

Puncak Puspa yang terletak di kaki Gunung Sawal berketinggian dekat 1004 mdpl. Dibalut dengan hawa sejuk serta kabut tipis, kalian tentu susah menolak godaan buat mendirikan tenda di mari. Gunakan dahulu alas kaki yang aman saat sebelum mulai berjalan mengarah zona perkemahannya ya!

Puncak Puspa Camping Ground
Image credit:@detojft002

Kalian bisa mengamati panorama alam yang menawan dari ketinggian serta pula bermacam tanaman liar yang terdapat disana sobat gaul. Berhati- hatilah sebab terdapat tumbuhan yang dapat membuat kulitmu terasa gatal serta jangan menyalakan api sembarangan supaya tidak mengganggu alam di sekitarmu. Kalian juga dapat difoto di anjungan- anjungan yang terdapat, hasilnya dipastikan keren!

Lokasi: Desa Medanglayang, Kec. Panumbangan, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5, 000 IDR

13. Menyusuri tebing batu buat menikmati cantiknya Curug Gumawang

Curug Gumawang
Image credit:@iwansetiawwan27

Curug Gumawang ini nampak menawan berkat tebing batu yang jadi latar belakangnya. Tidak hanya lezat dilihat, kolam curug ini pula dapat kalian manfaatkan buat berenang. Berketinggian dekat 40 m, jangan kurang ingat buat mengabadikan diri kala kalian telah datang di lokasi soabt gaul. 

Aksesnya gampang, kalian bisa mengendarai mobil ataupun motor serta disambung dengan berjalan kaki sepanjang kira- kira 200 m sobat gaul. Tentu kalian tidak hendak merasa letih sebab hendak dihibur dengan panorama alam pedesaan yang asri di selama jalur!

Lokasi: Desa Banjaranyar, Kec. Banjaranyar, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 08. 00 Wib– 18. 00 WIB
Harga Tiket: Gratis

14. Memandang ajaibnya kabut dari spot Puncak Bangku

Puncak Bangku
Image credit:@oyannasution

Jika kalian lagi mendaki gunung, umumnya kabut merupakan perihal yang dihindari. Tetapi di Puncak Bangku, kabut malah jadi energi tarik yang diburu wisatawan sobat gaul. Karena panorama alam alam Ciamis yang tersaji dari ketinggian malah terus menjadi menawan bila diselimuti kabut!

Puncak Bangku
Image credit:@maurizsl

Buat“ menangkap” kabut yang populer di Puncak Bangku, kalian butuh tiba pagi- pagi. Jika bangun kesiangan, hingga kabut tersebut pastinya terus menjadi memudar serta menghilang sobat gaul. Tetapi jangan takut sebab kalian juga dapat memandang kabut di sore ataupun malam hari, terlebih bila sehabis turun hujan. Ditambah dengan hawa yang dingin, suasananya hendak terus menjadi seru!

Lokasi: Desa Situmandala, Kec. Rancah, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 06. 00 Wib– 17. 00 WIB
Harga Tiket: Gratis

15. Turun ke dasar derasnya air yang jernih di Curug Landung

Curug Landung
Image credit:@tedielreal

Curug Landung alias Curug Cibodas terletak di dalam Web Gunung Ranji, yang umumnya didatangi warga yang mau melancong religi sobat gaul. Nyatanya web itu menaruh keelokan alam ialah Curug Landung yang berair jernih serta dikelilingi batu- batu berlumut. 

Untuk sobat gaul yang menggemari wisata alam, Curug Landung harus didatangi sebab masih natural serta belum ramai oleh wisatawan. Duduk sejenak ataupun berlama- lama, gemericik airnya jitu melenyapkan penat serta menerbitkan rasa tenang di pikiranmu.

Lokasi: Dusun Cibodas, Desa Cihalarang, Kec. Cijeunjing, Ciamis
Jam Buka: Tiap hari, 08. 00 Wib– 17. 00 WIB
Harga Tiket: Free

Ditulis oleh : LYDIA KRISTIANI